Tags

Yang dinanti, sudahkah mencukupi?

Harvest Time atau masa panen adalah sesuatu hal yang dinanti-nanti oleh para petani. Ketika masa itu tiba para petani pun berduyun-duyun ke sawah mengumpulkan hasil panen. Seperti halnya warga desa Bem-bem, Gentan kab. Sukoharjo( Rabu, 18/11).
Pagi-pagi benar tleser (mesin pemisah gabah dengan dengan tangkainya) sudah berderu keras mirip dengan suara mesin diesel. Warga setempat yang berpencaharian sebagai petani dengan seragam khas (seadanya), memakai caping, saling membantu memotong padi di sawah. Dengan gaya khas mereka, tangan kiri menggenggam beberapa tangkai padi, lalu tangan kanan mengayun cepat memotong pangkal tanaman dengan sabit.
Di satu sisi terlihat bapak-bapak bertubuh kekar berkulit hitam khas terbakar sinar matahari memanggul hasil potongan padi ke mesin tleser. Atau ibu-ibu membersihkan gabah yang sudah terpisah agar tidak tercampur dengan pasir. “Panen pak/buk?“ “Nggih Pak atau Nggih Bu” begitulah jawaban apabila disapa oleh beberapa tetangga, teman, atau kerabat yang melintas.
Begitu seterusnya sampai hasil panen tersebut dijual lalu diolah menjadi beras, yang notabene merupakan makanan pokok kita. Namun demikian para petani perlu menggunakan peralatan yang canggih dan modern, serta menggunakan pupuk-pupuk berkualitas untuk meningkatkan hasil panen tersebut. Akan tetapi bagaimana mereka menyediakan semua itu apabila mereka pun tak sanggup untuk membeli?
Peran pemerintah berupa subsidi bantuan penyediaan peralatan sangat diperlukan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas para petani di negara agraris ini. Bila semua itu tercukupi timbul pertanyaan baru. Sudahkah hasil tersebut mencukupi kebutuhan beras negara ini?

0 comments:

A SALAD BOWL

Adapted from American identity slogan "A Salad Bowl" This blog contains various moments that The M-Stylist shares. It's me, M-Stylist -Moments Stylist. Sorry if the name is pretty lame and freak. But I love to be Freak! it's like my middle name *ups

Like all nerd as usual, in this blog I nerdly capture things I love, share my style of mind, post my God-bless Paper, and... lemme figure what's next...

Have Fun Reading Nerds!

The Jakarta Post Breaking News