Tags

Dog Tired !

(Sometimes) life is a race, guys! There is competition. We need to work very very hard. We have to work like dog. But, kadang bekerja terlalu intens tuh juga akan mengurangi stamina dalam tubuh. The world emang kadang exhausting. Jalan satu-satu nya ya istirahat Sleeping Booty a.k.a. Tidur Mowoh... ohhh :o Orang Amerika nih guys, sanes Amriki, kalo kecapekan abis buanting utang eh tulang, mereka menyebutnya Dog Tired! jadi kita tuh disamain ma anjing guys, hloh! hehe. Be-te-we, kok ngomongin anjing mulu' ya... Ini kan bukan majalah satwa coy. So, this moment kita mo bahas soal "Kecapekan" bahasa Inggerris nyah "Tepar".

Jadi guys kalo kita capek tuh sebenarnya kita kek semacam keracunan. Ketika tubuh mulai bekerja ada asam laktat yang diproduksi oleh tubuh. Ketika asam tersebut dihilangkan dari otot yang letih maka kita bisa bekerja lagi, guys! Ato ga usah di ilang in aja ya udah pe-we nih.. ;p

Lanjut! dalam kesehariannya nih guys kita tuh sebener e meracuni diri sendiri dengan asam laktat tersebut, (emang magic mushroom doank yang bisa? x'D ) Ada semacam subtsansi ato toksin yang dihasilkan ketika kita melakukan aktivitas otot. Nah, toksin tersebut dibawa melalui peredaran darah lalu diedarkan ke seluruh tubuh, jadi ga cuma otot aja yang stress n capek, tapi juga seluruh bagian tubuh termasuk Otak kita!

Para peneliti telah melakukan riset yang menarik soal kecapekan ini guys. Kalo seekor anjing (nah lho anjing lagi,,) kalo anjing dibuat melakukan aktifitas ampe capek and ketiduran, trus darahnya diambil n ditransfusikan ke tubuh anjing lain maka Jeng Jeng Jeng! anjing tersebut ikutan capek guys... begitu juga sebaliknya, kalo anjing yang masi seger buger diambil darahnya lalu ditransfusikan ke anjing yang kelelahan maka anjing yg capek tersebut bisa bangun lagi... So, buat eloh yang sulit bangun minta darah aja ma tuh doggy hihi..

Kecapekan ini sebenarnya ga cuma hasil dari proses kimiawi tapi juga proses biologis. Kita ga bisa begitu aja menghilangkan rasa capek, kita kudu, wajib, fardhu 'ain, mengistirahatkan tubuh kita. Because what? ada sel-sel rusak yang perlu diganti, saraf otak juga perlu di recharge, and sendi-sendi perlu juga diberi pelumas ulang. And... Sleeping is always necessary untuk memulihkan energi setelah bekerja seharian.
 
Namun, ada hal unik nih guys soal proses meng-istirahat-kan diri. Contohnya seseorang yang lembur semaleman duduk di kursi ada kemungkinan kalo ngerasa capek ga langsung tidur, tapi malah jalan bentar dulu... begitu juga anak-anak yang abis pulang sekolah. Mereka tuh kadang abis nyampe rumah ga istirahat malah mblayang lari-lari maen kemana-kemana. Eloh masa kecil abis school kemana? tidur siang mulu ya... you are so Cool...oen ! X'O (gueh banget tuh)
 
Jadi inti pokok masalah di atas tuh, kalo salah satu, dua, tiga aku sayang ibu..he. Kalo salah satu tubuh kita katakanlah mata, otak, tangan, ato kaki merasa keletihan, the best way biar tuh bagian seger lagi adalah dengan membuat anggota tubuh lain menjadi aktif! Kita bisa istirahat dengan melakukan kegiatan, see! Dengan kegiatan secara ga sadar kita tuh melakukan respirasi, sirkulasi darah lebih cepat, kelenjar tubuh jadi lebih aktif dan racun-racun yang bikin capek tuh akan dihilangkan dari bagian tubuh yang letih. 
 
Tapi kalo bener-bener capek guys, jangan dipaksain beraktifitas, just go take a rest n get some sleep! euhkay?? :)  


composed by Cahya Ferry Kusuma
Adapted from the book "Tell Me Why" Chapter "Human Body - Why Do We Get Tired?"

0 comments:

A SALAD BOWL

Adapted from American identity slogan "A Salad Bowl" This blog contains various moments that The M-Stylist shares. It's me, M-Stylist -Moments Stylist. Sorry if the name is pretty lame and freak. But I love to be Freak! it's like my middle name *ups

Like all nerd as usual, in this blog I nerdly capture things I love, share my style of mind, post my God-bless Paper, and... lemme figure what's next...

Have Fun Reading Nerds!

The Jakarta Post Breaking News