Tags

Mengapa kita perlu garam?

Tubuh manusia tersusun atas 47,5 liter cairan. Kenyataanya sebagian besar organ tubuh kita memiliki kandungan zat cair. Misalnya, otot 75% tersusun atas cairan, pada hati 75% , 79% pada otak, dan 83% pada ginjal.
“Cairan tubuh” ini bukanlah sepenuhnya air, namun berupa larutan garam. Mengapa demikian? Berdasarkan suatu teori ilmiah, semua hewan, termasuk manusia merupakan keturunan organisme yang dulu hidup di dalam air. Cairan tubuh organisme tersebut merupakan air laut.
Ketika pindah ke dataran kering, mereka tetap menyimpan cairan tubuh tersebut. Namun di daratan tersebut secara alami tidak mampu menyediakan garam yang cukup. Sebagaimana garam mudah larut dalam air dataran padat tersebut kehilangan banyak garam karena garam yang ada telah larut ke sungai dan samudra terbawa oleh air hujan. Hal inilah yang menyebabkan tanaman yang tumbuh di daratan tidak banyak mengandung garam.
Hal tersebut menjadi penyebab mengapa hewan pemakan tumbuhan memerlukan garam. Setiap hari tubuh akan kehilangan sejumlah cairan yang mengandung garam dan makanan yang berasal dari tumbuhan tidak mampu menggantinya. Hewan pemakan daging tidak perlu tambahan garam. Mereka mendapat semua garam yang dibutuhkan dari cairan tubuh si mangsa. Hal ini juga berlaku pada manusia. Contohnya, orang Eskimo sebagian besar makan daging sehingga tidak perlu lagi mencari banyak garam.
Orang yang tinggal di pedalaman biasanya sangat membutuhkan garam. Di zaman Mexico kuno garam dianggap hal yang sangat penting sehingga terdapat yang namanya Dewa Garam. Dan seperti yang kita tahu pada zaman dahulu di Eropa orang-orang di bayar untuk berkerja mencari garam. Kata salary dalam Bahasa Inggris yang berarti upah sebenarnya berhubungan dengan  kata garam dalam Bahasa Latin.
Di dalam tubuh manusia garam berkumpul sebagian besar di kulit. Jika seseorang makan makanan yang tidak mengandung garam, maka darah akan kehilangan zat garam tersebut melalui ekskresi. Kemudian garam pada kulit akan disalurkan ke darah sehingga darah akan tetap menyimpan konsentrasi garam. Ketika hal ini terjadi dimana kulit akan terus memberikan cadangan garamnya ke darah, maka akan menimbulkan efek yang positif bagi pederita penyakit kulit. Maka dari itu makanan bebas garam sering dianjurkan bagi orang yang menderita penyakit khusus.
Garam sebagian besar diproses dan dikeluarkan oleh ginjal. Ketika ginjal mengalami gangguan, para pasien akan diberi makanan yang mengandung sedikit garam sehingga ginjal tidak akan bekerja secara berlebihan.

Translated by 
Cahya Ferry Kusuma 

"Tell Me Why?" Chapter3: Why do We Need Salt? Page.266


Quarts             : ukuran – 1,14 litres UK & 0,95 litre US
Amazingly       : dengan mengagumkan/mengejutkan
Liver                : hati
Kidney             : ginjal
Solution           : larutan
Scientific         : ks. secara ilmiah
Descendants    : (memiliki) keturunan/asal usul
Retain              : tetap/masih menyimpan/membawa
Dissolve          : larut
Crave -ing       : meminta/perlu
Inland              : daerah jauh dari pantai
Give up           : menyerah/berhenti
Prescribe          : resep
Chiefly            : terutama
So as                : supaya/sehingga
Overwork        : terlalu banyak bekerja
 

0 comments:

A SALAD BOWL

Adapted from American identity slogan "A Salad Bowl" This blog contains various moments that The M-Stylist shares. It's me, M-Stylist -Moments Stylist. Sorry if the name is pretty lame and freak. But I love to be Freak! it's like my middle name *ups

Like all nerd as usual, in this blog I nerdly capture things I love, share my style of mind, post my God-bless Paper, and... lemme figure what's next...

Have Fun Reading Nerds!

The Jakarta Post Breaking News