Tags

Mengapa gigitan nyamuk terasa gatal?

Pernahkah anda mendengar ungkapan, “Spesies betina itu lebih mematikan daripada spesies jantan”? Pastinya hal ini berlaku pada nyamuk karena nyamuk betina-lah yang hanya menghisap darah. Mulut nyamuk betina memiliki semacam alat tusuk yang tajam yang terletak di sekeliling tabung penghisap. Ketika menggigit, nyamuk tersebut akan menyuntikkan racun ke dalam darah yang akan menimbulkan rasa sakit dan gatal dan menghasilkan bentol-bentol. 
Selain gigitannya, suara berdengung nyamuk mungkin adalah hal yang paling menjengkelkan. Dengungan tersebut ternyata sangat penting bagi mereka karena berfungsi sebagai ajakan untuk kawin. Sang jantan akan membuat dengungan yang rendah dan dalam melalui kepakan sayap yang cepat sedangkan si betina membuat dengungan yang nyaring. 
Nyamuk bisa dijumpai di segala penjuru di seluruh dunia. Tetapi dimanapun mereka tinggal pasti akan menempati daerah yang berair. Nyamuk betina akan meletakkan telur-telurnya di atas permukaann kolam, genangan air, tong, oase gurun, bahkan dalam kaleng. Setiap betina akan menelurkan 40 sampai 400 telur. Telur-telur itu diletakkan satu persatu maupun berderet rapi. 
Kurun waktu seminggu telur-telur itu akan menetas menjadi larva. Mereka akan sering terlihat menggeliat-geliat sehingga sering disebut “penggeliat”. Karena tidak mampu bernafas di dalam air larva-larva tersebut akan menghabiskan waktu diatas permukaan air. Di atas sana mereka mendapatkan udara melalui tabung pernafasan yang berada di bagian ekor. Mereka juga menaruh serat-serat binatang atau tumbuhan ke dalam mulut melalui kepala mereka yang berbulu. 
Setelah tumbuh, maka larva-larva itu akan berganti kulit. Setelah empat kali berganti kulit, larva berubah menjadi pupa. Pupa akan menghabiskan banyak waktu di dekat permukaan air dan bernafas melalui tabung yang menyerupai tanduk yang terletak di punggungnya. Mereka tidak makan. Setelah beberapa hari kulit mereka akan tanggal dan nyamuk dewasa mulai keluar. 
Nyamuk dewasa biasanya mampu bertahan hidup selama beberapa minggu. Pada spesies-spesies lain, selama satu tahun bisa terdapat 12 generasi nyamuk.


 translated by
Cahya Ferry Kusuma


"Tell Me Why" Chapter 4: Why do Mosquito Bites Itch? Page 371


Bill                  :mulut, paruh
Pierce(ing)       : tajam menusuk
Swelling          :bengkak
Hum                :dengungan
Shriller            :nyaring
Deposit           :menumpuk, menaruh
Barrel              :tong
Tin                   :kaleng
Singly              : 1afterAnother/1per1
Compact         : padat/rapi
Masses            : dalam juml banyak
Wriggle           :menggeliat
Weave             :merajut
Bits of             :sedikit
Molt                :berganti bulu/kulit
Shed                :berganti bulu/kulit





0 comments:

A SALAD BOWL

Adapted from American identity slogan "A Salad Bowl" This blog contains various moments that The M-Stylist shares. It's me, M-Stylist -Moments Stylist. Sorry if the name is pretty lame and freak. But I love to be Freak! it's like my middle name *ups

Like all nerd as usual, in this blog I nerdly capture things I love, share my style of mind, post my God-bless Paper, and... lemme figure what's next...

Have Fun Reading Nerds!

The Jakarta Post Breaking News